Benarkah Jakarta (tidak) aman?

Wow...beberapa hari ini ada berita tentang betapa ga amannya jakarta. Well yeah, selama gw tinggal di Jakarta 6 tahun belakangan, gw sendiri pernah jadi korban copet dan jambret. Pernah ngeliat sendiri aksi tukang copet yang gw tulis disini ya meskipun itu copet udah 2x ga berhasil.

Gw tergolong cewek manja dalam urusan pergi kemana-mana sendiri. Tapi karena keadaan, selama 3 tahun pertama di Jakarta gw harus naik motor sendiri karena ga berani naek angkot dan ga mungkin kemana-mana naek taxi (berat di ongkos). Waktu itu motor pacar (yang sekarang udah jadi mantan - thanks to him). Jalur yang gw lewatin selama 3 tahun berubah-ubah, Gunung Sahari - Slipi, Gunung Sahari - Senayang (Plaza Senayan atau Senayan City), Gunung Sahari - Kemang. Gw kalo pulang kerja diatas jam 10, sementara rute yang gw lewatin kalo dari Slipi gw lewat Cideng - Tanah Abang. Kalo dari Senayan gw mesti ngelewatin Kebon Sirih (tahun kemaren gw di jambret di sini), dan kalo dari Kemang, gw ngelewatin Mampang, Kuningan, Kebon Sirih, Lapangan Banteng. Tempat-tempat yang gw sebutin itu beberapa titik yang rawan (belakangan baru gw tau) dan gw lewatnya diatas jam 10 bahkan diatas jam 11 malem.

Gw pernah mengalami kecopetan justru pas gw pertama kali naek Trans Jakarta menuju Kemang (tahun 2007), naek TJ nya sih aman, karena hari itu adalah perdana gw naek kopaja (gw harus nyambung kopaja untuk ke Kemang, TJ cuma sampe Blok M) gw ga ngerti dimana harus nunggu kopaja 605A, alhasil gw masuk-masuk ke lorong-lorong sempit yang isinya penjual, DAMN ternyata gw diikutin sama orang dan HP LG KG 300 yang umurnya belum sebulan pun melayang. Alhamdulillah gw ga kenapa-kenapa.

Kejadian yang kedua akhir tahun lalu, gw mau berangkat kuliah, hari sabtu pagi sekitar jam 8an, di sekitaran Kebon Sirih sebelum belokan ke Jl. Jaksa. Gw naek bajaj sama temen gw nyid2, tas gw posisinya gw pangku, gw abis ambil duit di dompet buat bayar bajaj. Tiba-tiba ada motor mepet dan ambil paksa tas gw, karena tas gw memang gw kalungin di tangan, gw jadinya tarik-tarikan sama itu jambret. Sayangnya supir bajajnya ga nolongin, akhirnya gw lepas karena gw ga kuat. Alhamdulillah lagi tukang jambretnya ga melukai tangan gw untuk ngerebut tas gw.

Sejak ga punya pacar dari akhir tahun 2010 gw memang memilih ngekos deket kantor jadi gw bebas jalan kaki karena jaraknya deket banget. Tapi sejak 9 bulan lalu gw pindah kerja dan perlu sedikit naik kopaja atau metromini untuk menuju kantor atau balik ke kosan.

Uhft....sekarang udah mulai berani naik bis yang jaraknya ga terlalu jauh dan rutenya gw udah pasti tau, kalo masih nebak-nebak gw milih naek busway ke titik terdekat untuk dilanjut naek taxi (ini tips biar ga berat di ongkos).

Sebagai peringatan buat temen-temen baca cerita si Molly alias @nisankubur yang baru aja ditodong disini supaya kita lebih hati-hati, juga baca kiat-kiat untuk tetap berhati-hati yang ditulis sama @rahneputri disini semuanya bener (menurut gw).

Dan ini adalah kisah paling ajaib, tentang si @litastephanie yang dijebak sama polisi yang harusnya tugas dasar mereka adalah menjaga keamanan Negeri dan memberikan rasa aman buat masyarakatnya. Coba baca disini dan untuk ringkasan kejadiannya disini

Gw punya pengalaman yang nyerempet-nyerempet sama kisahnya lita tapi ga separah itu. Waktu itu gw mau ada acara di Gran Melia, Kuningan. Untuk prepare segala macem, gw kudu dateng jam 5 pagi (iya barengan sama tukang sayur), gw berangkat dari rumah jam 4.30, di perempatan Pasar Baru (Armabar) lampu merah, gw sempet berenti (gw naek motor sama -calon- kakak perempuan gw), setelah gw sadar waktu itu masih subuh, gw nekat nerobos lampu merah dan memang jalanan masih kaya kuburan. Nah beberapa meter dari lampu merah persis di depan gedung BPS (Badan Pusat Statistik) gw di berhentiin sama 2 polisi, heehhm...mati gw. Secara gw ga punya SIM dan gw nerobos lampu merah di tengah subuh buta.

Polisinya naik motor trail (eh bok gimana nulis yang benernya? pokoknya motor yang bisa terbang-terbang itu lho) gw beneran takut. Gw berusaha untuk ga ngasih duit dan ga di apa-apain disitu, kebetulan acara yang mau gw datengin memang diadain sama Australia Embasy, gw sepik-sepik aja dan syukur itu polisi rada melunak, tapi gw sama kakak gw ga dilepas. Akhirnya kakak gw telpon ayah (calon mertua gw - waktu itu) dan si ayah ini memang jago acting jadi petinggi POLRI. Yess!!! gw bebas.

Cerita terakhir ini ga patut di contoh, tapi kalo beneran ditilang sama polisi lalu lintas mungkin gw akan milih damai atau di proses juga gapapa, lha ini polisi naik motor trail dan mata mereka berdua merah banget (antara mereka bangun tidur atau lagi mabok).

Well...buat siapa saja, ga penduduk asli ga pendatang, ga laki-laki ga perempuan, tetep hati-hati, banyak berdoa, JAKARTA SUDAH TIDAK AMAN UNTUK KITA.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer