Perahu Kertas Review


Gw dan pacar (secara kebetulan) adalah pelahap karya Dewi "Dee" Lestari, ga ketinggalan Perahu Kertas (PK) yang sekarang lagi happening.

Sewaktu dapet kabar kalo PK mau diangkat ke layar lebar, gw seneng banget. Sepertinya semua pembaca karya Dee merasakan hal yang sama. Sampe akhirnya teaser film di umumkan di Youtube, gw baru melirik siapa aja pemeran dalam film, bukan karena ga tertarik tapi gw jaga supaya tetep penasaran.

Di awal gw ga bikin ekspektasi tinggi, karena gw tau sebuah film yang diangkat dari sebuah novel bukan perkara gampang. Bahasa tulisan terlalu liar dan bebas untuk di imajinasikan setiap pembaca, sementara bahasa visual (kadang) terbentur dengan teknologi, pun sampai biaya. Gw pernah punya pengalaman kecewa dengan film Biola Tak Berdawai yang diperankan Ria Irawan, film ini diangkat dari novel berjudul sama. Filmnya bisa dibilang bagus, tapi imajinasi liar gw udah terlanjur ketinggian. Makanya sejak saat itu gw ga pasang harapan tinggi tinggi untuk film yang diangkat dari sebuah novel.

Oke balik ke PK.

Keseluruhan gw happy ada film ini, kalo penulisnya ada di depan gw, pasti udah gw ajak foto bareng, gw minta nginep dirumahnya, minta diajarin masak, nulis segala macem (oke ini mulai ngelantur dan ngelunjak).

Gw janjian sama pacar yang tinggal di Jogja untuk nonton film ini bareng, syukurlah PK mulai berlayar di jadwal kita berdua ketemuan (maklum LDR). Nah untuk yang satu ini gw mau terima kasih sama tim yang sudah menelorkan PK.

Gw bukan orang yang ngerti teknis nulis buku, nulis skenario apalagi sampe ke pembuatan film dan akting. Tapi gw mau sok sok an menganalisa ehehehe (sungkem sama mbak Dee).


*

Pemeran - pemeran di film ini diluar bayangan gw karena menurut gw kemudaan, kecuali noni yang ketuaan (ini menurut gw ya). Kugy yang kadang-kadang suka kehilangan keKUGYannya, tapi soal cantik dan suaranya JUARA.

Keenan, pada awalnya gw ga terima Adipati yang memerankan, tapi di sceene pertama gw udah nahan napas kalo ternyata Adipati layak memerankan Keenan, meski dia kurang tinggi dikit ehehee

Luhde, PAS.

Noni dan eko diluar harapan, bener kata temen gw, hubungan mereka lebih ke sahabat. Ga keliatan kalo mereka pacaran, trus mereka itu ramenya garing (terus aja ta, sok tau aja terus). Noni ketuaan, dan eko kurang cowok (semoga ga digamparin mbak Dee).

Remi, oh please....cuma Reza yang kaya ga akting, natural. Siapa sih yang ga meleleh liat aktingnya Reza? pilihan tepat banget kalo Reza yang memerankan Remi.

Pak Wayan kurang nyeni, Papa Keenan juga kurang pas, Mama Keenan woke, Kakaknya Kugy oke, Mama Kugy juga keren.

Yang lain hmmmm kebanyakan kalo dikomentarin satu satu.

*

Alur ceritanya ada yang lompat-lompatan, dan salahnya gw adalah gw baca ulang novel PK di perjalanan dari Surabaya menuju Jogja tanggal 22 dan gw nonton PK tanggal 23, ingatan gw masih kentel banget dan gw sempet minta pulang sama pacar karena mau nangis (ini beneran) karena bingung.

TAPIIIIIIIIIIII.....lagu lagu di film PK yang bikin gw bertahan, rasa penasaran gw yang bikin gw nungguin film sampe kelar, dan sayangnya gw sama penulis novel PK yang bikin gw jejeritan dalam hati dalam setiap adegan (dalam hati koq). Mbak Dee dan tim sangat sangat sangat keren ngerjain musiknya.

Adegan adegan tanpa dialog (nah gw ga tau ini apa namanya) yang diputer kaya slide, justru mempercantik film, dan adegan tanpa dialog ini yang bisa bikin gw terharu, persis sama dengan gambaran novel. Cuma yang belum pernah baca novelnya akan menderita karena (mungkin) ga paham ceritanya (sapa suruh ga baca novel keren ini ya bok?).

*

Well...siapa bilang PK kurang bagus?dalam usahanya memvisualisasikan sebuah novel yang punya nyawanya sendiri, ini tergolong keren. Kalo kurang puas, baca aja bukunya berulang-ulang, nanti juga akan muncul adegan persis di buku dengan pemeran pemeran film tentunya sedikit adjusment di sana sini (misal keenan di tinggiin dikit) sesuai maunya kita. AMAN.

Gw belum puas, karena memang gw ga mengharap yang tinggi untuk film PK, tapi gw happy. Apalagi bagian kedua belum diputar, ibarat makan ice cream baru setengah baru lega kalo udah jilatin itu ice cream sampe habis bukan?

Gw happy jadi bagian dari perjalanan novel PK menjadi film, gw happy karena gw menjadi salah satu penikmat mahakarya dari seorang Dewi Lestari. Gw bangga ngerti mimpi mimpi yang agak konyol (baca : tidak menghasilkan uang) dan dengan sadar harus memutar arah untuk jadi orang lain untuk kemudian menjadi diri sendiri karena gw salah satu AGEN NEPTUNUS. Ga ada yang melantik gw, ga ada yang perlu tau gw agen atau bukan. Tapi gw happy menjadi bagian dari ini semua. (ya elah cuma baca dan nonton filmnya aja merasa jadi bagian dari semua ini) ehehehehe

*

Okay...sorry atas sok sok an gw ini kalo terdengar belagu, mungkin aja mbak Dee baca review ini (karena bentar lagi gw akan mention dia eheheheh) maaf kalo ada kata kata yang kurang bener ya mbak. Skenario yang ditulis mbak Dee sendiri itu adalah hebat, mungkin perlu banyak bikin skenario lagi aja (dikeplakin bener ini).

Salam agen Neptunus ^.^

Komentar

  1. reviewnya jelas kak, apalagi buat aku yang ga baca nopelnya dulu hhe tapi ternyata bersambung ya kak filmnya -__- #blogwalking :D
    http://pencilpyon.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. hai restu, eheheh baca bukunya aja lebih seru.

    BalasHapus
  3. iyasih kata temen-temen juga gitu, makasi kakaak .-.

    BalasHapus
  4. sama sama restu, makasih udah mau berkunjung. aku udah maen ke blog kamu juga lho

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer